top of page
Search
  • monikapermatasari9

Mengkomunikasikan Produk dengan Promosi



Menurut William J Stanton promosi adalah “Promotion is the element in an organization’s marketing mix that serves to inform, persuade, and remind the market of the organization and or its products”, yang artinya promosi adalah salah satu unsur dalam bauran pemasaran perusahaan yang didayagunakan untuk memberitahukan, membujuk, dan mengingatkan tentang produk perusahaan. Oleh sebab itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa social media marketing yang membantu mengelola dan mengoptimalkan pemasaran di media sosial.


Promosi merupakan alat bauran pemasaran (marketing mix) keempat yang terdiri dari product, price, place dan promotion, yang meliputi semua kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan mempromosikan produknya ke pasar sasaran. Perusahaan tersebut harus membuat program komunikasi, serta dalam kegiatan promosi yang dijalankan harus mencakup kegiatan seperti advertising (periklanan), personal selling (penjualan tatap muka), public relations – publicity (hubungan masyarakat – publisitas), sales promotion (promosi penjualan) dan juga direct marketing (pemasaran langsung) dari suatu produk


Menurut A. Hamdani, promosi merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk. (Sunyoto, 2012, hal. 154). Kegiatan promosi bukan saja berfungsi sebagai alat komunikasi antara perusahaan dengan konsumen, melainkan juga sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian atau penggunaan produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.


Berdasarkan pengertian promosi di atas dapat disimpulkan bahwa promosi itu adalah sejenis komunikasi yang memberi penjelasan yang meyakinkan kepada calon konsumen tentang barang atau jasa. Promosi digunakan untuk memberitahukan informasi kepada orang – orang tentang produk dan membujuk pembeli atau target pasar untuk dapat membeli produk yang ditawarkan.


Promosi menurut Indriyo Gitosudarmo merupakan kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka dapat menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut. Adapun alat-alat yang dapat dipergunakan untuk mempromosikan suatu produk dapat dipilih beberapa cara, yaitu iklan, promosi penjualan, publisitas, personal selling yang disebut bauran promosi. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan jasa social media marketing untuk membantu mengelola pemasaran di media sosial.

2 views0 comments
Post: Blog2_Post
bottom of page